Ada beberapa Penjelasan Tentang Sholat Tahiyatul Masjid dan Qobliyah Jum'at, diantaranya :
1.
Mengenai Sholat Tahiyatul Masjid
Sholat
tahiyatul masjid disyariatkan pada setiap saat, ketika seseorang masuk masjid
dan bermaksud duduk di dalamnya. Ini merupakan pendapat Imam Asy-Syafi’i &
Imam Ahmad bin Hambal, yang dikuatkan oleh Ibnu Taimiyah .
Dalam
hadis yang diriwayatkanoleh Abu Qatadah . Rosululloh Shollallohu ‘alaihi wa
sallam bersabda,
إِذَا
دَخَلَ أَحَدُكُمْ الْمَسْجِدَ فَلْيَرْكَعْ رَكْعَتَيْنِ قَبْلَ أَنْ يَجْلِسَ
“Jika
salah seorang dari kalian masuk masjid, maka hendaklah dia Sholat dua rakaat
sebelum dia duduk.” (HR.
Al-Bukhari no. 537 & Muslim no. 714)
Para
ulama sepakat tentang disyariatkannya Sholat 2 rakaat bagi siapa saja yang
masuk masjid & mau duduk di dalamnya. Hanya saja mereka berbeda pendapat
mengenai hukumnya. Mayoritas ulama berpendapat Sholat Tahiyatul Masjid adalah
sunnah dan sebagian berpendapat wajib. Yang jelas tidak sepantasnya bagi kita
seorang muslim meninggalkan syariat ini. Demikian, wallohu a’lam.
2.
Tentang sholat sebelum jum’at(sholat jum’at).
Sebelumnya,
perlu dibedakan antara sholat sunah khusus dengan sholat sunah mutlak. Sholat
sunah khusus adalah sholat sunah yang dibatasi oleh jumlah rokaat, waktu, atau
sebab tertentu. Misalnya, sholat sunah rawatib sebelum zuhur. Adapun sholat
sunah mutlak adalah sebaliknya, tidak terikat dengan jumlah rakaat, waktu, atau
sebab tertentu.
Pada
penjelasan tadi, telah ditegaskan bahwa sholat sunah sebelum sholat Jumat
sifatnya mutlak. Tidak terikat dengan jumlah rakaat dan waktu tertentu. Ini
adalah pendapat Syafi’iyah dan bahkan pendapat mayoritas ulama, sebagaimana
yang disampaikan oleh An-Nawawi. Di samping itu, tidak terdapat satu pun
riwayat bahwa Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam melakukan sholat sunah
khusus sebelum sholat Jumat.
Terdapat
riwayat bahwa Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam sholat empat
rakaat tanpa dipisah dengan salam sebelum sholat Jumat. Riwayat ini dibawakan
oleh Ibnu Majah, namun sanadnya sangat lemah sekali, sehingga tidak bisa
dijadikan dalil.
Untuk
melengkapi pembahasan, berikut kami sebutkan beberapa alasan orang yang
berpendapat adanya sholat sunah qabliyah Jumat, beserta bantahan atas
pendapat tersebut:
A.
Riwayat bahwasanya Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam melaksanakan
sholat dua rakaat sebelum sholat Jumat dan sesudahnya.
Bantahan:
Riwayat di atas dan beberapa riwayat lainnya yang semakna, adalah riwayat yang lemah sekali. Sehingga tidak bisa dijadikan dalil. Sebagaimana dijelaskan Syekh Abdul Quddus Muhammad Nadzir dalam Ahaditsu Al-Jum’ah, hlm. 315–316.
Riwayat di atas dan beberapa riwayat lainnya yang semakna, adalah riwayat yang lemah sekali. Sehingga tidak bisa dijadikan dalil. Sebagaimana dijelaskan Syekh Abdul Quddus Muhammad Nadzir dalam Ahaditsu Al-Jum’ah, hlm. 315–316.
B.
Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam membiasakan sholat empat rakaat tanpa
dipisah salam sebelum zuhur. Sholat ini dikenal dengan “sholat zawal”.
Bantahan:
Hadis ini khusus untuk sholat zuhur, dan tidak bisa disamakan dengan sholat Jumat karena dalam hadis secara tegas disebutkan, “… Setelah matahari tergelincir sebelum sholat zuhur.” Padahal, sholat sunah sebelum sholat Jumat boleh dilakukan sebelum matahari tergelincir karena sholat ini dikerjakan sebelum khotbah, sedangkan khotbah Jumat boleh dimulai sebelum tergelincirnya matahari.
Hadis ini khusus untuk sholat zuhur, dan tidak bisa disamakan dengan sholat Jumat karena dalam hadis secara tegas disebutkan, “… Setelah matahari tergelincir sebelum sholat zuhur.” Padahal, sholat sunah sebelum sholat Jumat boleh dilakukan sebelum matahari tergelincir karena sholat ini dikerjakan sebelum khotbah, sedangkan khotbah Jumat boleh dimulai sebelum tergelincirnya matahari.
Di
samping itu, menyamakan sholat Jumat dengan sholat zuhur adalah analogi yang
salah karena sholat Jumat itu berdiri sendiri dan tidak ada hubungannya dengan
sholat zuhur. (Zadul Ma’ad, 1:411)
C.
Hadis Ibnu Umar rodhiallohu ‘anhuma, yang menjelaskan bahwa beliau
melakukan sholat sunah sebelum sholat Jumat dan dua rakaat sesudahnya. Kemudian, Ibnu Umar menegaskan bahwa Nabi dulu juga
melakukan hal demikian. Penegasan Ibnu Umar ini menunjukkan bahwa Nabi
melakukan sholat sunah sebelum sholat Jumat.
Bantahan:
Dijelaskan oleh Al-Hafizh Ibnu Hajar dalam Fathul Bari, 3:351), “Ucapan Ibnu Umar, ‘Nabi juga melakukan hal demikian,’ maksudnya adalah menceritakan tentang sholat dua rakaat sesudah sholat Jumat bukan sholat sunah sebelum sholat Jumat.
Dijelaskan oleh Al-Hafizh Ibnu Hajar dalam Fathul Bari, 3:351), “Ucapan Ibnu Umar, ‘Nabi juga melakukan hal demikian,’ maksudnya adalah menceritakan tentang sholat dua rakaat sesudah sholat Jumat bukan sholat sunah sebelum sholat Jumat.
D. Keumuman sabda Nabi , “Di antara
dua azan, ada sholat sunah.”
Bantahan:
Alasan ini telah dijawab Ibnul Qoyyim sebagai berikut, “… Setelah Bilal selesai berazan, Nabi langsung berkhotbah, dan tidak ada satu pun sahabat yang melakukan sholat dua rakaat, dan azan hanya sekali. Ini menunjukkan bahwasanya sholat Jumat itu sebagaimana sholat ‘id, tidak ada sholat sunah sebelumnya. Ini adalah pendapat yang paling kuat di antara dua pendapat ulama (dalam masalah ini), dan demikianlah yang ditunjukkan oleh sunah, karena setelah Nabi keluar rumah, beliau naik mimbar dan Bilal langsung mengumandangkan azan sholat Jumat.
Alasan ini telah dijawab Ibnul Qoyyim sebagai berikut, “… Setelah Bilal selesai berazan, Nabi langsung berkhotbah, dan tidak ada satu pun sahabat yang melakukan sholat dua rakaat, dan azan hanya sekali. Ini menunjukkan bahwasanya sholat Jumat itu sebagaimana sholat ‘id, tidak ada sholat sunah sebelumnya. Ini adalah pendapat yang paling kuat di antara dua pendapat ulama (dalam masalah ini), dan demikianlah yang ditunjukkan oleh sunah, karena setelah Nabi keluar rumah, beliau naik mimbar dan Bilal langsung mengumandangkan azan sholat Jumat.
Setelah
selesai azan, Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam langsung berkhotbah,
tanpa ada jeda waktu. Ini diketahui oleh semua orang. Kalau begitu, bagaimana
mungkin sahabat bisa (punya waktu) sholat sunah (sebelum sholat Jumat)? Oleh
karena itu, siapa saja yang meyangka bahwa setelah Bilal berazan, para sahabat
melakukan sholat sunah, maka dia adalah orang yang berdusta terhadap ajaran
Nabi .
Kesimpulan tentang sholat sunah qobliyah jumat: Tidak ada sholat sunah qobliyah Jumat. Apalagi jika sholat
ini dilaksanakan setelah azan. Adapun sholat sunah yang dikerjakan ketika
makmum masuk masjid di hari Jumat sambil menunggu imam, maka itu adalah sholat
sunah mutlak, sehingga sholat ini bisa dikerjakan tanpa batasan jumlah rokaat.
Wallohu a’lam.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar