Halaman

Cahaya Pengetahuan Muslim

Selasa, 24 Juli 2012

Menjelang Olimpiade, Atlet Muslim Yang Berpuasa Mengalami Dilema


LONDON – Menjelang Olimpiade Inggris, sekitar 3.500 atlet menghadapi dilemma ketika menghadapi Olimpiade di bulan Ramadhan ini. Di satu sisi mereka harus tekun beribadah namun di sisi yang lain mereka pun harus berkompetensi dengan atlet lain, tentu hal tersebut harus diimbangi dengan asupan makanan berkarbohidrat.
Waktu siang di inggris sekitar 18 jam, sedangkan Olimpiade kebanyakan diadakan pada siang hari. Hal ini tentu memberatkan atlet muslim. Ada sebagian mereka yang tetap berpuasa, ada pula yang berencana mengganti puasanya di hari yang lain.
Salah satu atlet, Mustafa Mesir kayaker berkata,”olah raga yang saya tekuni mengharuskan saya bisa cepat, aku butuh semua asupan makanan, seperti protein, karbohidrat dan mineral. Namun saya akan menggantinya setelah Ramadhan. Semoga Allah mengampuni saya karena ada alasan penting.”
Dewan Islam Mesir memberikan atlet penangguhan hukuman dengan mengumumkan sebuah fatwa yang menyatakan bahwa atlet Olimpiade tidak diwajibkan untuk berpuasa selama pembinaan atau kompetisi.
Younis Dhudwala mengatakan,” Beberapa atlet memilih untuk tetap berpuasa, karena mereka percaya puasa dapat memberi mereka kekuatan dan keunggulan fisik untuk melakukan lebih baik dan berjalan lebih cepat.”

Lebih Penting Olimpiade Atau Puasa Ramadhan?
Terkadang umat Islam tertipu dengan kehidupan dunia, mereka menukar akhiratnya dengan kehidupan dunia. Para atlet tersebut seharusnya dapat mengambil sikap ketika Olimpiade diadakan di bulan Ramdhan. Seharusnya mereka lebih mementingkan Ramadhan ketimbang Olimpiade.
Puasa ramadhan itu hukumnya WAJIB bagi setiap muslim. Jika memang tidak bisa berpuasa pada saat Olimpiade, maka para atlet dapat mengundurkan diri dari persaingan tersebut. Memang berat ketika gaji yang ditawarkan lebih banyak, namun kita harus percaya bahwa Allah Subhanahu wa Ta’ala pasti mengganti pengorbanan kita dengan sesuatu yang lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar